IMG_0842Tanggal 24 Februari 2015, PT Ohkuma mendapatkan udangan dari SMK Negeri 1 Cikarang Pusat. Sungguh mengejutkan karena isi undangan tersebut adalah permohonan untuk menunjuk tenaga teknis PT Ohkuma sebagai tim penguji eksternal Ujian Kompetensi Kejuruan tahun pelajaran 2014/2015. Tanpa ada persiapan, akhirnya management menunjuk 2 orang advisor jepang menghadiri undangan tersebut.

Berpartisipasi pada kegiatan sosial yang ada dilingkungan perusahaan/pabrik adalah bagian dari tanggung jawab suatu perusahaan. Oleh karena itu PT Ohkuma sejak berdiri sudah menjadikan tanggung jawab sosial ini sebagai bagian dari Ohkuma spirit. Salah satunya adalah menerima siswa/siswi magang dari SMK maupun perguruan tinggi. Saat ini tercatat ada 3 siswa dan 1 siswi SMK,  serta 2  mahasiswa dari UGM yang melakukan program magang di PT Ohkuma.

Selain itu PT Ohkuma juga akan selalu terbuka dan mensupport kegiatan-kegiatan sosial yang ada di lingkungan perusahaan, khususnya pihak sekolah. Salah satu wujudnya adalah dengan memenuhi undangan SMK Negeri 1 Cikarang Pusat pada acara Ujian Kompetensi Kejuruan tanggal 25 Februari 2015. Meskipun kami tidak bisa memenuhi harapan sebagai tim penguji eksternal, kami tetap berusaha memberikan semangat dan dorongan kepada para siswa yang akan melakukan ujian hari itu. 2 orang advisor kami, Mr Nose dan Mr Iwakami juga sangat antusias memberikan semangat dan dorongan kepada para siswa.

Mr Iwakami mendorong para siswa agar lebih bersungguh-sungguh pada pilihan yang diambil para siswa setelah kelulusan, baik melanjutkan ke perguruan tinggi maupun bekerja. Apapun pilihannya, yang terpenting adalah terus berusaha dengan sungguh-sungguh dan menghilangkan sifat malas. Karena hal ini akan berdampak besar bagi setiap orang. Mr Nose juga menambahkan bahwasanya dunia kerja, khususnya di pabrik sangatlah ketat, jadi tidak mungkin dilakukan dengan malas-malasan. Perlu peran aktif setiap orang agar suatu perusahaan bisa maju. Beliau juga menambahkan agar kelulusan dijadikan sebagai start line untuk menapaki kehidupan yang lebih baik dimasa mendatang. Mr Iwakami juga menambahkan agar tidak menjadikan “gaji” sebagai dorongan utama untuk memasuki suatu perusahaan, khususnya bagi siswa yang baru lulus, melainkan keinginan untuk belajar dan mengetahui banyak pengetahuan yang dijadikan dasar dalam mengawali karir didunia kerja. Semakin banyak belajar, semakin banyak tahu, semakin meningkatkan keahlian. Sehingga secara langsung maupun tidak langsung, komponen gaji bisa meningkat dengan sendirinya.

Setelah memberikan sambutan diacara opening, para siswa langsung melanjutkan mengerjakan soal ujian kompetensi yang berupa ujian praktek pembuatan sistem kontrol menggunakan microcontroller. Setelah itu kami melanjutkan melihat-lihat kondisi sekolah khususnya dibagian workshop jurusan otomotive. Sebagai satu-satunya SMK negeri yang ada di Cikarang Pusat, kami melihat fasilitas yang ada disekolah ini masih banyak kekurangan. Meskipun demikian, pihak sekolah terus berusaha menjalankan aktivitas sekolah sebaik-baiknya. Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan melakukan pendekatan kepada perusahaan-perusahaan yang ada di kawasan industri GIIC (Greenland International Industrial  Center).

Kedepannya PT Ohkuma akan terus berusaha meningkatkan hubungan baik dengan lingkungan sosial yang ada disekitar perusahaan, khususnya sekolah. Dengan terjalinnya hubungan baik tersebut diharapkan tercipta harmonisasi yang baik di masyarakat.

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.